Alergi Obat Flu

Saya mau berbagi pengalaman terhadap alergi yang satu ini. sebelumnya saya ga ada masalah dengan minum obat apapun dan sebelum2nya minum obat flu fine fine aja. Sampai suatu ketika…. Bulan Nov 09 lalu, saya merasa badan aga demam dan sepertinya mau flu, karena hidung sudah tersumbat dan ingus mengucur dari hidung. tanpa kedokter, saya langsung meminum obat flu yang biasanya saya minum. 1 tablet decolgen untuk meredakan gejala yg saya alami. esok harinya.. tetep saja masih flu.. ya wajarlah saya pikir. waktu itu ada yang aneh di telapak kaki saya, ketika saya berjalan, kaki terasa sakit seperti menginjak duri. saya perhatikan, ternyata di ujung jari kaki ada bercak kemerahan yang kalo ditekan sakit sekali. begitu juga dengan di telapak tangan saya. muncul bercak merah yang bila ditekan terasa sakit. saya pikir ini adalah alergi detergen, seperti yg biasanya sudah saya alami.  jadi selama itu saya tenag-tenang aja. sampai sore hari, bercak kemerahan itu semakin banyak di telapak tangan dan kaki.. sebagian yg ditelapak tangan muncul bintik berair seperti penyakit cacar air. saya sempat berfikir apakah saya kena cacar air. tapi dulu waktu kecil saya sudah  pernah kena cacar air, jd ga mungkin kayaknya. rasanya perih sekali.  semakin malam, semakin menderita, karena bercak yang semakin banyak. untuk yg di kaki, berjalan rasanya seperti menginjak duri2 tajam, sedangkan di telapak tangan, untuk mengibaskan tangan saja sakit sekali. Selain di telapak tangan dan kaki, lidah dan tenggorokan saya pun terlihat bercak merah dan bintik bulat berair yang menyebabkan rasa nyeri ketika menelan makanan. Akhirnya saya memutuskan untuk ke dokter umum, oleh dokter umum saya di diagnosa kena penyakit kulit sejenis kutu air. kemudian saya disuntik dan diberi obat minum dan salep. obat yang di minum di antaranya antibiotik, dan sejenis obat untuk penyakit kulit. sedangkan salepnya, sejenis yg untuk membunuh jamur, bakteri.  selama 4 hari saya bertahan dengan meminum obat dari dokter umum tsb sambil menahan2 rasa sakit di kaki, tangam dan mulut. 4 hari tsb tak ada penyembuhan yg berarti. Kemudian saya memutuskan untuk pergi ke dokter kulit. hanya melihat sepintas tangan dan kaki saya, dokter mengatakan kalo saya kena alergi. dan bertanya apa sebelumnya saya ada minum obat2an. saya ceritakan kalo saya meminum obat flu sebelumnya. Yup, itulah ternyata penyebabnya.. saya alergi obat flu…!!! Ga kebayang sebelumnya.  oleh dokter kulit tsb saya dilarang menggunakan obat2an sejenis obat flu, untuk menghindari alergi lagi. Alhamdulillah setelah ke dokter kulit, penyakit saya mulai sembuh, tetapi di telapak tangan saya menimbulkan bekas kemerahan/kehitaman. saya berharap bekas ini bisa hilang, namun skrg sudah hampir 1 bulan sejak alergi itu, bekasnya blm juga hilang..

~ oleh irnariyani pada Desember 9, 2009.

17 Tanggapan to “Alergi Obat Flu”

  1. kalo mba masih ingat, salep apa yang dikasih dokter kulit ke mba?atau resep apa yang dikasih? makasih atas jawabannya

    • saya tidak tahu salep apa yang dikasi oleh dokter kulit itu karena tidak ada merk dan namanya, salepnya dikemas dalam wadah kecil, sepertinya dokter itu meracik sendiri salep tersebut. apa km ngalamin alergi seperti saya itu?

  2. sepertinya mba kena flu singapur deh, karena gejalanya sama dengan yang terinfeksi virus flu singapur, jadi bukan salah obat mba🙂

    • mungkin juga ya.. karena kalo saya liat gejalanya kok mirip seperti flu singapur. tapi menurut dokter umum yang memeriksa saya, ia tidak mengatakan bahwa itu flu singapur. dan setelah saya periksakan lagi ke dokter kulit (karena saat itu kulit tangan saya melepuh saya pikir itu penyakit kulit) ia mendiagnosa bahwa saya alergi obat flu…

  3. coba pake incidal unt bekas diluar, & dexametasone unt efek alergi dari dalam tubuh….minum air daun sirih yang direbus mungkin jga bsa membantu ( tapi klo efek alerginya sudah hilang, harap kurangi konsumsi daun sirih unt pengobatan dari dalam..)

  4. Mba… Sejak pertama kali sakit sampai sembuh butuh waktu berapa lama..??? Saya sudah 3 hari sejak hari senin soalnya, demam hanya sehari, sekarang baru muncul bercak merahnya ditangan, mohon infonya.. Thx

    • duh.. maaf balesannya telat. gimana sekarang? mudah2an udah sembuh. kalo saya dulu, rasa sakitnya (tangan dan kaki rasanya sakit sekali, kalo jalan kyk nginjak duri dan melepuh) kalo ga salah sekitar 1 minggu. tapi bekas bercaknya akan menjadi coklat dan agak lama hilangnya, sekitar 2 bulanan. kalo km sendiri gimana? bisa share disini

  5. Ternyata memang ada yah alergi obat flu. kalau saya alergi obat sakit kepala mbak, jadi kmren saya demam+pusing juga. trus saya konsumsi panadol. sakit kepalanya ilang timbul bintik-bintik merah ditelapak kaki dan tangan, mirip banget sama gambar yang mbak posting. Nyeri banget dibuat jalan. Kalau punya mbak proses penyembuhannya gimana yah ?

    • Penyembuhanya dengan menggunakan salep yg dikasi dokter kulit. Setelah 1 minggu sakitnya mulai hilang namun menimbulkan bekas berwarna coklat yang cukup lama hilangnya. Saya sendiri jg bingung apa itu memang karena alergi obat flu atau flu singapur. Karena kalo penyakit flu kan disebabkan virus. Penyakit yg disebabkan oleh virus bisa sembuh dengan sendiri. Tapi dari pengalaman itu sampai saat ini bila saya flu, saya tidak pernah mengkonsumsi obat flu. Biar meler saya biarin aja sembuh sendiri namun dgn mengkonsumsi banyak air putih dan vitamin c

  6. please info..saya juga kena begini..telapak tangan saya menghitam setelah keluar bitik2 merah..setelah kasi obat salep….tapi sariawan dan tenggorokan saya tidak pernah sembuh…mohon dunk infonya

    • Kalo waktu itu sariawan di tenggorokan saya lama kelamaan jg sembuh. Bnyakin minum air putih sama vit c aja. Smg cepet sembuh ya. Dan yakin aja..bisa smbuh sariawannya..

  7. mbak aku juga mengalami hal yang sama. awalnya aku demam. aku minum obat flu neozep. tapi tu obat flunya udah sering aku minum setiap flu. trus besoknya demam turun tapi telapak kaki ada bintik 1 seperti ketusuk duri. siangnya muncul di kaki satunya lagi dan telapak tanga. baru ada sekitar 5 bintik aku langsung ke dokter kulit. eh dokter kulitnya bilang aku alergi bahn kimia. aku dsuruh mengindari konsumsi bahan kimia dan menjauhi produk kimia. buset dah hidup serasa susah bgt tuh. aku gak percaya gtu aja ma tu dokter. menurutku tidak mungkin aku alergi bahan kimia karena selama ini aku tidak ada menggunakan bahan kimia yang baru. semua bahan kimia seperti kosmetik, pembersih lantai, sabun, deterjen dll adalah bahan yang sudah bertahun tahun aku pake. sama halnya dengan obat flu itu. trus usut punya usut sama tu dokter ternyata aku baru beli sandal. masa kata tu dokter sandal itu penyebabnya. sandal itu mengandung bahan kimia. padahal itu sandal biasa yang aku beli dipinggir jalan. ooh makin ngaco aja ni dokter.

    • to mbak dinar: jadi sampe skrg kepastian nya sakit apa itu masih tanda tanya ya? memang waktu itu aku juga sempet dibilang alergi sabun. dan sedapat mungkin harus menjauhi yg namanya sabun. sebagai ibu rumah tangga ya ga mungkin itu dihindari. dan untuk minum obat flu..sampai sekarang aku masih belum berani mba. kecuali kalo flu nya parah banget.pernah sekali, tapi aku coba dgn merk yang berbeda. alhamdulillah ga papa. slm kenal ya. makasih udh mampir

  8. Hati2 dgn penyakit ini mas..

  9. Mbak klo bole tau, sembuhnya brp lama yah? Apakah skrng masih membekas? Dan untuk obatnya apa yah? Saya juga mengalami penyakit seperti ini

    • Sekitar semingguan kalo ga salah sakitnya..tapi bekasnya itu yang lama hilangnya.. karena bekas nya seperti luka yang melepuh gitu kan. Tapi lama kelamaan juga hilang. Dulu saya ke dokter kulit, dan obatnya pake racikan dokternya (ga ada labelnya)

Tinggalkan Balasan

 
nurulmuchrodi's Blog

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

kebun jeruk!

untuk berbagi kesegaran

Rajutan Anak Indonesia

Produk Karya Anak Indonesia

wajahbengkulu

Just another WordPress.com site

Techno and Education

Sekilas Berita Tentang Teknologi Masa Kini

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

