Baluran National Park

Baluran National Park adalah Taman nasional yang memiliki beragam pesona alam. Terletak di wilayah Situbondo Jawa Timur tak jauh dari pelabuhan ketapang Banyuwangi. Kawasan ini merupakan salah satu taman nasional di Jawa Timur yang memiliki luas 25.000 Ha. Berbagai type ekosistem terdapat di dalamnya seperti pantai, hutan mangrove, hutan payau, hutan evergreen dan yang paling menarik disini terdapat savana yang luasnya 40 % dari luas kawasan. Terdapat beragam hewan seperti banteng, rusa, kerbau liar, kijang, dan beragam jenis burung seperti merak, elang, rangkong, perkutut, ayam hutan dan lain-lain. Hewan yang menjadi maskot di Taman Nasional ini adalah Banteng. Tak heran jika banyak sekali terdapat tengkorak banteng yang di pajang di berbagai tempat di Taman ini.

Libur lebaran tahun 2011 ini kami isi dengan berwisata ke Taman nasional baluran. Dari Banyuwangi jarak tempuh nya kurang lebih 2 jam. Tarif masuk perorang dikenakan Rp 3000 dan untuk kendaraannya (kami menggunakan mobil) dikenakan tarif Rp 6000. Akses jalan di dalam kawasan cukup bisa dilalui oleh kendaraan, namun tidak terlalu mulus. waktu tempuh yang dicapai jika kita sampai ke pos pertama kurang lebih 1 jam ( rest area yang dinamakan bekol) Disini kita bisa beristirahat karena dilengkapi dengan fasilitas berupa mushola, tempat parkir yang luas, gazebo dan menara pengamatan. dari menara ini kita bisa melihat luasnya savana dan juga kita bisa melihat pantai.

Berikut ini foto yang diambil dari atas menara. Terlihat savana dengan rumput yang kuning karena sudah lama hujan tidak turun di wilayah situbondo-banyuwangi. Biasanya dari atas menara ini kita bisa melihat rusa yang sedang makan rumput. Tetapi saat kami kesana, tak satupun hewan yang terlihat.

Diatas anginya kenceng.. geleber-geleber dan dingin… aku dan anaku berfoto

Setelah puas melihat dari atas menara kami melanjutkan perjalanan menuju pantai, lokasinya bernama Bama. Disini pantainya sangat tenang dengan hamparan pasir putih yang bersih. Saat kami kesana pantainya terlihat sedang surut sehingga kami bisa berjalan agak jauh ke tengah laut. Dan ternyata pantai di baluran ini juga sangat landai.. kami sudah cukup jauh dari bibir pantai, tetapi tetap saja tidak dalam, airnya hanya sebatas betis saja. Ini foto pantainya, anaku sedang asyik bermain pasir.

Foto yang satu lagi menunjukkan kalau kami sudah berada jauh dari bibir pantai.

Oiya.. satu lagi.. bila bermain di dekat karang berhati hatilah karena banyak terdapat bulu babi warnanya hitam. Aku sampai terinjak bulu babi ketika sedang duduk-duduk di karang. Rasanya…. duuuhh bener2 sakit.. aku sampai berjalan tertatih-tatih. Baru kali itu aku melihat dan terkena bulu babi. Untungnya aku tidak sampai semaput. Kaki yang terkena bulu babi terlihat seperti tertusuk duri dan langsung berwarna kemerahan/ungu. Tetapi setelah beberapa lama sakitnya akan hilang dengan sendirinya. Aku sempat bertanya kepada petugas setempat bagaimana jika kita terinjak bulu babi, utuk menghilangkan rasa sakitnya bisa digunakan air kencing katanya… hehe.. percaya ato tidak silahkan buktikan sendiri

Selain menikamati indahnya panta dan pasir yang putih, disini juga tedapat permainan yang memacu adrenalin yaitu flying fox. Biaya untuk bermain flying fox sebesar Rp 10.000. Dengan dilengkapi peralatan yang lengkap, helm, harness dan di pandu oleh petugas, aku mencoba bermain flying fox. Ini pertama kalinya untukku. Pertamanya kita memanjat dinding kayu dengan berpegangan pada batu2 panjatan, kemudian melalui jembatan kayu yang bergoyang, lalu kemudian melewati jaring2. Setelah itu kita melewati titian tali dan terakhir melalui jembatan kayu. Baru setelah itu kita bisa meluncur . Lega rasanya bisa mendarat dengan selamat. Pengalaman pertamaku ini tidak membuatku kapok. Kapan-kapan aku ingin mencobanya lagi. Ini gayaku ketika sedang menjajal arena flying fox di Baluran.

Ada yang baru di taman nasional Baluran ini, pengunjung bisa menaiki kuda dengan tarif Rp 5000 mengelilingi area flying fox. Jaraknya sih ga terlalu jauh, mungkin karena yang nuntun kudanya juga lama-lama bisa kelenger. Aku dan anaku mencoba menaiki kuda. Saat ini kuda yang terdapat di Taman Nasional Baluran ini baru 2 buah. Yah.. lumayan buat menghibur dan menjadikan pengalaman baru untuk anak-anak yang belum pernah menaiki kuda.. seperti anaku.. hihi.. ini gayanya

Namanya Taman Nasional jadi didalamnya sangat dipertahankan suasana alami dengan pohon pohon hutan yang tak beraturan. Sayangnya akses jalan yang kurang bagus menyebabkan waktu yang ditempuh untuk sampai di pos-pos pengamatan menjadi sangat lama. Kondisi jalan memang beraspal tetapi tidak mulus, sebagian berbatu. Bila jalannya mulus mungkin dikhawatirkan pengunjung malah kebut-kebutan ya.. dan bisa mengganggu hewan2 didalamnya.
Yah.. yang penting kali ini aku dapat mengajak anaku liburan, biar ia bisa punya pengalaman baru…

~ oleh irnariyani pada September 6, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
nurulmuchrodi's Blog

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

kebun jeruk!

untuk berbagi kesegaran

Rajutan Anak Indonesia

Produk Karya Anak Indonesia

wajahbengkulu

Just another WordPress.com site

Techno and Education

Sekilas Berita Tentang Teknologi Masa Kini

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: