alas purwo national park

Rabu 10 april 2013 kami berangkat menuju taman nasional alas purwo. Disana lagi ada sepupuku yg lagi fieldtrip untuk meneliti berbagai hewan dan vegetasi yg hidup disana. Ia beserta rombongan mahasiswa dan dosen universitas padjajaran jurusan biologi sejumlah 100 orang. Berangkat dari rumah jam 10 pagi dan tiba disana pukul setengah 12 siang. Rumahku berada di kecamatan srono. Kami memilih melewati jalan di desa sumberayu. Tapi bisa juga lewat Jajak/Benculuk. Berikut ini rutenya :
Sumberayu – Patok 11 – Dam 3 – Desa Kd.Gebang – Pasar Kd. wungu – Lapangan Desa Kd. Asri – Pondok aren – Kantor Pasar Anyar – TN. Alas Purwo.

Sampai dengan lapangan desa kd. asri, jalanan masih mulus aspalan, tapi setelah itu mulai berlubang dan mendekati gapura TN alas purwo jalanan nya cukup jelek. Saat itu kami menggunakan mobil avanza. Mobil terlihat seperti offroad, karena habis hujan, jadi banyak jalan yang berkubang penuh lumpur.

Alas Purwo dengan Mala

ini foto aku bersama sepupuku mala (yg pake jilbab). alhamdulillah aku bisa ketemu dengannya. Ayah dan ibunya adalah merupakan orang yang sangat dekat dengan keluargaku. Orangtuanya sangat khawatir karena tidak dapat menghubungi anaknya selama berada di alas purwo. Karena sinyal HP di sini sulit sekali, bahkan tidak ada sinyal. Menurut penjaga hutan, kalo mau dapet sinyal, kita harus mendekati pantai. itupun sinyalnya kurang bagus.

sadengan

Kami sampai di Daerah padang rumput yang dinamakan Sadengan, kalau dari pintu masuk sekitar 2 km jaraknya. Disini kita bisa melihat hamparan padang rumput. Untuk melihat luasnya padang rumput, ada menara pengamatannya. Jadi mata bisa bebas memandang.

Pintu masuk Alas Purwo

ini foto pintu masuk alas purwo, setelah melewati jalan jelek sepanjang 12 km, akhirnya sampai juga di gapura ini. perjalanannya lumayan panjang, mengingat kiri kanan hanya pohon2 besar dan sepi sekali. aku rada2 takut, kalo tiba2 mobil kita mogok, siapa yang bisa nolongin, sinyal ga ada, sepi dan menyeramkan.

Pantai Trianggulasi

Ini salah satu yang menarik juga, pantai trianggulasi, kalo dari pintu masuk jaraknya sekitar 3 km. Dipantai ini kita tidak diperbolehkan mandi, aku juga ga mau… soalnya takut… ombaknya lumayan gede, ombak pantai selatan, langsung samudra soalnya khan. Jadi cuma bisa foto aja sama anaku.. sepi juga..
Pantainya cukup bersih dan pasirnya putih..

Jalan Menuju Alas Purwo

Ini dia jalan yang kita lalui sepanjang menuju Gapura TN. Alas Purwo. Jelek, berbatu, tanah, dan berlubang. yang difoto masih mendingan, ada lagi jalan yang dipenuhi air (karena abis hujan) tapi ga sempet di foto.

Jalanan Alas Purwo

Fotonya bagus ya? serasa dimana gitu…. ya di hutanlah.. Disepanjang jalan yang kita temui ya jalanan dengan kanan kiri pohon rindang. ini salah satu foto yang menurutku aku suka. karena jalannan dinaungi sama pohonan. dingin dan sepi..

Begitulah sedikit ceritaku mengenai taman nasional alas purwo. Tapi aku ga sampai di pantai plekung yang katanya surga bagi para pe-surving dunia. Soalnya jalan menuju kesana sangat jelek mungkin harus menggunakan mobil 4 wheel drive ato kendaraan milik warga yang dinamakan ‘gerandong’. kesanku.. taman nasional ini memang habitat alami untuk hewan2 disana, juga hutan alaminya sangat dipertahankan, meskipun ada juga pohonan jati yang ditanam. Taman Nasional ini juga digunakan untuk berbagai penelitian. Jadi kalo untuk berwisata dengan keluarga sih menurutku kurang pas.

~ oleh irnariyani pada April 13, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
nurulmuchrodi's Blog

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

kebun jeruk!

untuk berbagi kesegaran

Rajutan Anak Indonesia

Produk Karya Anak Indonesia

wajahbengkulu

Just another WordPress.com site

Techno and Education

Sekilas Berita Tentang Teknologi Masa Kini

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: