Kuret (lagi) karena hamil BO

Setelah di vonis dokter kalo kehamilanku  BO (blight ovum) dan diberikan rujukan untuk kuret, aku menyiapkan diri untuk proses kuretase. Ini kuret yang kedua kalinya setelah setahun yang lalu (19 des 2012) aku dikuret karena mengalami pendarahan akibat masih tersisanya jaringan di dlm rahimku (saat melahirkan prematur usia kehamilan 26 minggu). Sebelum proses kuret aku disuruh berpuasa untuk mengosongkan perutku, karena janjian sama dokter untuk di kuret pagi maka sekitar jam 4 subuh aku sudah mulai berpuasa. Pada saat itu  tanggal 9 januari aku di kuret di rumah sakit al huda, banyuwangi.

Aku mulai dikuret sekitar jam 10 pagi. Urusan administrasi rada ribet waktu itu. Aku memanfaatkan kartu askes. Namun ternyata saat itu baru peralihan sistem ke bpjs. Jadinya agak lama mengurus administrasinya. Aku pun harus balik lagi ke puskesmas di kecamatan kami tinggal untuk meminta rujukan agar askes ku dapat digunakan. (Lupa waktu itu ga menyiapkan rujukan. Aku hanya membawa rujukan dari dokter kandungan). Untungnya saat itu kondisiku baik baik saja. Jadi meskipun harus pontang panting mengurus administrasi aku ga kenapa napa.

Setelah urusan administrasi selesai dan kami (suami & aku) menandatangani surat persetujuan operasi ( waktu itu juga masih hangat hangatnya berita dokter demo besar besaran kasus kematian seorang ibu yang melahirkan cesar. Jadi kami berdua benar benar dijelasin mengenai tindakan yang akan dilakukan dokter). Aku naik ke meja operasi..(meja?.. kasur kali..hihihi) ya gitu deh. Aku baringan di tempat tidur dan mulailah semua dipersiapkan. Lenganku di pasang pipa ( seperti mo pasang infus itu lho) tapi aku ga di infus. Pipa itu untuk memasukkan obat bius nantinya. Kaki ku dinaikkan jadinya mengkangkang. Kemudian datanglah dokter anastesi dan menyuntikkan obat bius. Aku ditanya udah ngantuk apa belum? Aku jawab belum..eeehh ga taunya aku udah ga sadar aja. Sadar sadar pas semuanya udh selesai dan aku mendengar suara anaku yang berkata kalo mama udh bangun. Saat itu bener bener aku masih teler akibat pengaruh obat bius. Aku terus saja menanyakan apa operasinya udah apa belom. Kepala rasanya berat sekali. Pandanganku pun masih kabur. Aku hanya bisa melihat samar samar dan cm bs mendengar suara anakku, ibu mertua dan suamiku. Bener bener hebat tuh efek si obat bius yang belum hilang.

Proses kuretase nya ga lama hanya sekitar 30 menit. Tapi efek obat biusnya itu yang lama. Hampir 2 jam aku baru bisa sadar tapi itupun kepalaku masih sangat pusing. Aku berusaha untuk bangun tp ternyata rasanya sangat mual sekali. Akhirnya aku berusaha untuk makan dan minum. Aku pingin cepat pulang ga pingin di rawat inap. Jadi aku harus kuat. Kala itu aku muntah karena berasa mual sekali. Setelah muntah aku mulai mengisi perutku dengan makanan. Biar cepet pulih gitu..

Operasi jam 10 pagi.. aku boleh pulang sekitar jam 3 sore. Kondisiku saat itu lumayan sehat. Cuma masih agak pusing aja. Yang penting udah bisa jalan dan ga pusing kita udah diperbolehkan pulang. Setelah kuret aku tidak merasakan sakit apa apa di bagian bawahku. Alhamdulillah semua aman aman saja. Ketika pulang aku diberi obat untuk diminum. Obatnya berupa antibiotik cefadroksil kemudian methergin dan satu lagi apa gitu aku lupa. Darah yang keluar juga ga banyak.

Sekitar 1 minggu aku masih mengeluarkan darah tapi ga banyak. Baru kemudian bersih. Dan aku bisa sholat kembali. Seminggu pasca kuret aku periksa lagi ke dokter kandungan dan dinyatakan kalo rahimku bersih. Alhamdulillah ya Alloh. Mens pertamaku datang hampir sebulan lewat. Aku dikuret tgl 9 jan 14 dan baru dapet mens pertama pasca kuret tgl 14 februari 14. Yah masih tergolong normal lah.

Sekitar seminggu aku haid tapi haidnya ga banyak. Cuma berupa lendir yang bercampur darah aja. Aku juga rada khawatir. Kok mens nya seperti ini ya. Tapi aku blm ke dokter lagi.  Setelah 2 hari haid berhenti  ehhh ga taunya aku mengeluarkan lendir darah lagi. Aku khawatir, sehari setelah itu aku mengalami pendarahan yang banyak banget. Langsung aku menelepon suami. Aku takut kenapa napa. Darah yang keluar banyak banget dan tiba tiba. Waktu itu aku lagi dikamar mandi pas setelah pipis tiba tiba darah langsung mengalir ke kaki ku. Aku rada panik juga. Trauma jg sama yang namanya pendarahan. Suami akhirny cepet pulang. Perjalanan kantor – rumah 20 mnt ngebut. Aku udah siap sambil menyumpal bagian bawahku dgn handuk mandi. Sekitat jam 2 siang aku dibawa ke rumah sakit. Aku berharap masih ada poliklinik yang buka. Aku perlu USG untuk melihat ada apa gerangan di dlm tubuhku. Sampai di rumah sakit ternyata poli kandungan sudah tutup. Dan dihari itu juga dokter kandungan nya ga ada ditempat alias libur. Apes deh aku. Udah jauh jauh datang dengan membawa segudang panik dan resah. Aku disarankan untuk ke dokter praktek aja menunggu sore hari.karen percuma juga ke UGD kalo yang nangani cm dokter umum. Pendarahanku saat itu ga terlalu banyak. Jadi aku masih bisa bertahan menungu praktek buka mulai jam 5 sore.

Setelah diperiksa kata dokter aku ga apa apa. Mungkin krn kmrn kmrn darahnya sedikit. Darah yang ini darah haid. Tp dia juga memarahiku karena ga berhati hati dalam berhubungan suami istri. Karena bisa menyebabkan aku hamil lagi. Padahal seharusnya aku istirahat dulu selama 6 bln baru boleh hamil. Hasil USG menunjukan seperti ada tanda tanda kehamilan. Tapi dokter belum bisa memutuskan dan aku disuruh kontrol lagi minggu depan. Akupun di tes urin. Dan hasilnya negatif. Aku bersyukur hasil tes nya negatif. Karena aku syok juga merasa bersalah ga hati hati. Sekarang aku diberikan obat methergin dan kalnax. Tunggu ceritaku minggu depan setelah kontrol ya…

Oiya.. ini hasil usg ku
image
Bentuk rahimku retrofleksi kata dokter..apa lagi itu ya… hmmm

~ oleh irnariyani pada Februari 25, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
nurulmuchrodi's Blog

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

kebun jeruk!

untuk berbagi kesegaran

Rajutan Anak Indonesia

Produk Karya Anak Indonesia

wajahbengkulu

Just another WordPress.com site

Techno and Education

Sekilas Berita Tentang Teknologi Masa Kini

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: